Selasa, 22 November 2011

Tips Memilih Lokasi Tempat Tinggal ( Rumah atau Apartemen)

Memutuskan lokasi tempat tinggal memang bukanlah sesuatu yang mudah, ada hal-hal penting yang patut dipertimbangkan.
Ketika membayangkan tempat tinggal, biasanya kita menginginkan tempat yang aman dan nyaman. Tidak hanya kenyamanan dan keamanan dalam rumah, namun juga keamanan dan kenyamanan dari lingkungan dan suasana sekitar. Sebisa mungkin, jarak tempat tinggal dan tempat bekerja juga tidak jauh.

Dalam mencari lokasi yang tepat, ada beberapa tips untuk membantu anda membuat keputusan yang tepat.

Kondisi jalan utama
Jalan utama menjadi titik akses penting menuju ke rumah anda. Jika kondisinya tidak baik (banyak lubang), atau sulit dijangkau (misalnya karena lebar jalan yang sempit untuk kendaraan), ada baiknya anda mempertimbangkan lokasi lain untuk tempat tinggal anda.

Kondisi pelayanan air, listrik, dan telepon
Sebenarnya ini adalah syarat kelengkapan rumah anda. Namun, lokasi yang anda pilih mungkin berpengaruh terhadap akses dan kelancaran utilitas rumah tangga anda. Jika lokasi tertentu terkenal rawan mati listrik, anda tentu perlu mempertimbangkan faktor ini.

Kebersihan lingkunganKebersihan adalah pangkal kesehatan. Apabila lingkungan tempat anda tinggal tidak bersih, maka kesehatan anda dan keluarga anda pun terancam. Apalagi mengingat anda dan keluarga anda akan menghabiskan waktu lebih banyak di lingkungan ini. Perhatikan kebersihan di lingkungan sekitar, termasuk jarak dari rumah ke tempat pembuangan sampah sementara, atau got yang selalu mampet
PolusiJika anda tinggal di kota besar, maka tingkat polusi juga menjadi faktor penentu. Jika tingkat polusi udaranya tinggi, maka kesehatan pun akan terancam. Jika lokasi rumah anda dekat dengan jalan raya atau jalan besar, maka kemungkinan anda terkena dampak polusi lebih besar. Selain polusi udara, polusi suara juga dapat mengganggu ketenangan hidup anda di rumah.

PenghijauanLokasi yang lebih banyak penghijauannya tentunya lebih menarik. Penghijauan akan memberikan kesan relaksasi untuk mata. Dengan lebih banyak penghijauan, biasanya kualitas udara juga akan menjadi lebih baik.

Bebas banjirBebas banjir menjadi salah satu kriteria terpenting dalam menentukan lokasi rumah. Rutinitas rumah tangga boleh menjadi sangat terganggu jika tempat tinggal anda dilanda banjir. Transportasi menjadi sulit dan barang-barang berharga anda pun dapat rusak karena terendam air. Oleh sebab itu, pilihlah lokasi tempat tinggal yang tidak rawan banjir.

Kemudahan bertransportasiWalaupun rumah di jalan raya atau dekat jalan raya mungkin lebih berpotensi untuk terkena polusi, namun hal ini juga berarti jarak antara rumah anda ke pusat transportasi juga lebih dekat. Tempat tinggal yang dekat stasiun, misalnya, dapat memberikan kemudahan bertransportasi jikalau kendaraan bermotor anda bermasalah, atau jalanan rumah anda terlanda banjir.

Strategis
Strategis adalah sesuatu yang subjektif. Anda dapat menentukan sendiri apakah tempat tinggal anda mudah dijangkau oleh orang lain, atau dekat dengan tempat yang anda sering kunjungi. Lokasi yang strategis artinya anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan anda dengan efisien dan waktu anda tidak sering termakan di dalam perjalanan.

Fasilitas penunjang
Fasilitas penunjang dapat berupa rumah sakit, apotek, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, kantor pos, atau fasilitas lainnya yang akan membuat tempat tinggal anda menjadi kota mandiri.

Sumber:
©RUMAH.COM Agustus 2011