Rabu, 07 Desember 2011

Mengatasi Jerawat


Panik jika terserang jerawat? Jika jerawat dan bekas jerawat di wajah mengganggu Anda, cobalah meletakkan bawang putih yang telah dihaluskan atau masker lumpur pada wajah yang berjerawat.


Seperti dilaporkan Liputan6.com, masalah jerawat ini biasanya dimulai sekitar usia 10-13 tahun. Dua hal pemicu masalah jerawat di kalangan remaja ini adalah perubahan hormonal dalam tubuh dan infeksi bakteri.
Perubahan hormonal adalah bertambahnya hormon testosteron pada laki-laki, dan estrogen pada anak perempuan. Akibatnya, produksi minyak pada tubuh meningkat sehingga membuat kulit berminyak dan lebih rentan terhadap jerawat.
Solusi alami seperti bawang putih yang telah dihaluskan, tanah liat bersih, dan sari lemon, dapat membantu menghindari jerawat dan meringankan luka akibat jerawat.
Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menyingkirkan jerawat dan bekas jerawat.
1. Untuk menghindari jerawat, cuci wajah Anda dua kali sehari
2. Pastikan bahwa Anda menggunakan sabun cuci muka yang sesuai jenis kulit. Mencuci wajah Anda terlalu sering, terutama menggunakan kosmetik yang keras dapat memperburuk jerawat Anda.
3. Cobalah untuk menghindari makanan olahan seperti roti tawar dan mie karena kandungan pada makanan tersebut dapat memicu dan memperburuk wabah.
4. Gunakan masker wajah sesuai jenis kulit minimal sekali sepekan. Hal ini dapat mengurangi produksi minyak pada wajahdan mencegah timbulnya jerawat.
5. Anda juga dapat mengoleskan bawang putih halus pada wajah yang berjerawat selama kurang lebih satu jam. Hal ini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Jangan biarkan terlalu lama pada wajah karena hal ini tak bagus bagi kulit sensitif.
6. Campur susu dan sari lemon untuk membantu menghilangkan noda bekas jerawat.
 Sumber :