Kamis, 15 Desember 2011

Perhiasan milik Elizabeth Taylor telah terjual Rp 1 triliun

Koleksi perhiasan milik Elizabeth Taylor telah terjual hingga 116 juta dolar AS atau setara Rp 1 triliun. Angka penjualan yang fantastis itu juga sekaligus memecahkan rekor dunia untuk pelelangan tunggal.


Seperti dikutip NHK, Kamis (15/12), sebanyak 80 item perhiasan terjual dalam pelelangan yang digelar di New York, Selasa lalu. Perhiasan-perhiasan itu termasuk cincin, kalung, dan benda lainnya yang pernah dipakai oleh aktris legendaris asal AS tersebut. Elizabeth meninggal dunia Maret tahun ini di usianya yang ke-79 tahun.

Perhiasan termahal dalam lelang tersebut adalah kalung yang berisi liontin mutiara abad ke-16. Kalung itu berhasil terjual senilai 11,8 juta dolar AS atau setara Rp 108 miliar. Penjualan kalung itu juga memecahkan rekor untuk mutiara termahal dan melampaui tiga kali lebih besar dari harga perkiraan sebelumnya.

Liontin mutiara berbentuk buah pir yang bertajuk "La Peregrina" itu juga pernah digunakan oleh ratu-ratu di Inggris dan Spanyol. Sementara itu, cincin berlian ikonik miliknya telah terjual senilai 8,8 juta dolar atau setara Rp 80 miliar. Cincin itu merupakan kado dari mantan suaminya Richard Burton.

Hampir seluruh penjualan perhiasan Elizabeth jauh melampaui dari harga perkiraan sebelumnya dan beberapa di antaranya melebihi 10 kali lipat dari perkiraan. Sebagian dari hasil penjualan pelelangan itu akan didonasikan ke yayasan AIDS milik Elizabeth.

Sumber
http://showbiz.liputan6.com/read/367558/perhiasan-liz-taylor-terjual-hingga-rp-1-t