Rabu, 22 Februari 2012

Barcelona Dan Chelsea Berencana Main Di Indonesia


Selain menantang lima negara ASEAN, timnas senior dikabarkan juga akan ditandingkan melawan beberapa klub raksasa dunia, diantaranya Inter Milan dan Boca Juniors. Rencana tersebut untuk mempertajam kualitas timnas, sekaligus memperbaiki peringkat sepakbola Indonesia dalam daftar FIFA. 

Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin di Jakarta, Rabu (22/2). 
"Ada juga tawaran dari Chelsea dan Barcelona tapi pada tahun mendatang. Ini terus kita pantau, karena semua itu yang mengurus adalah promoter dan PSSI dalam hal ini akan memberi dukungan penuh,” ungkap Djohar.
Djohar menyebut program uji coba timnas akan diperuntukkan untuk segala jenjang umur. Tidak hanya tim senior, timnas di kelompok U-16, U-17, U-21, dan U-23 juga akan diikutsertakan dalam sejumlah agenda turnamen dan kalender FIFA.

Hal ini untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dibanding negara lain. “Kita sudah siapkan program besar untuk seluruh kelompok umur timnas. Kita akan aktif mengikuti segala kejuaraan yang selama ini kita jarang ikuti. Ini demi keangkitan sepak bola kita di level internasional,” tambah dia.
Menurut Djohar, selama ini kepengurusan PSSI sangat jarang mengikutsertakan timnas dalam agenda resmi internasional dan laga persahabatan FIFA. “Karena itu FIFA sempat menyebut kita negara terbelakang. Hal itu yang ingin kita ubah dengan selalu aktif mengisi jadwal agenda persahabatan FIFA,” imbuhnya.

Dengan sering menggelar uji coba internasional, dia yakin peringkat Indonesia yang kini terpuruk di posisi 146 FIFA bisa terangkat secara perlahan.
Dalam kesempatan itu, Djohar juga mengungkapkan kemungkinan digelarnya laga uji coba antara Indonesia melawan tim tangguh Afrika, Aljazair. Hingga saat ini, PSSI terus berunding dengan Kedubes Aljazair untuk mengatur waktu dan tempat pelaksanaan laga uji coba.