Selasa, 14 Februari 2012

Tips Agar Anak Tidak Pilih-Pilih Waktu Makan


Jangan pernah kenalkan suatu rasa makanan pada anak yang masih berada di bawah usia satu tahun. Tujuannya agar anak tak menjadi pemilih makanan hingga dewasa kelak

Demikian pesan penting yang disampaikan Prof Dr Ir  Ali Khomsan mengenai pola makan yang baik pada anak.



"Jangan tambahkan gula atau pun garam pada makanan anak Anda. Biarkan mereka merasakan rasa asli makanan yang dimakannya. Karena jika tidak, anak akan menjadi pemilih makanan. Misalnya, dari kecil sudah sering makan gula, maka nantinya dia akan sukanya yang manis saja," jelasnya seusai acara peresmian Gerakan Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap di GOR Ken Arok, Malang, Senin (13/2/2012).

Tapi jika anak sudah terlanjur menjadi pemilih makanan, sebagai Anda sebagai orangtua bertugas memerbaikinya. Ajarkan pola makan beragam sejak dini. Variasikanlah menu makan anak.

“Seharusnya pola makan yang beragam sudah dilaksanakan sejak bayi, di mana sudah boleh makan selain ASI," jelasnya.

Bila si anak sudah terlanjur menjadi pemilih makanan, kata Prof Ali, sebaiknya orangtua mengatur menu makannya sesuai kebutuhan.

“Jangan serahkan semuanya pada pembantu, karena mereka enggak tahu kondisi anak Anda, enggak paham gizi. Jadi, anak tidak asal makan," tutupnya.


Sumber
http://health.okezone.com/read/2012/02/14/483/575346/kiat-anak-tak-pilih-pilih-makanan