Selasa, 21 Februari 2012

Wow..! ternyata Tomat Bermanfaat untuk wajah kita loh..


Tomat, adalah tanaman yang paling mudah dijumpai. Warnanya yang cerah sungguh menarik. Selain kaya vitamin C dan A, untuk mencerahkan kulit kusam dan memulihkan kesehatan.

konon Tomat dapat mengobati bermacam penyakit. Tomat juga banyak digunakan untuk masakan, seperti sup, jus, pasta, dllnya. Rasanya yang sedikit asam bahkan membuat selera makan meningkat.. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa buah tomat bisa bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit kita. Tomat yang kaya akan zat lycopene, salah satu manfaatnya bisa merangsang pembentukan kolagen kulit agar kulit terlihat lebih kenyal dan tidak mudah keriput (mencegah penuaan dini). Tomat juga memiliki astringent untuk menghilangkan minyak berlebih.

Cobalah obat perawatan kulit buatan sendiri dengan menggunakan tomat, dan kamu yakin akan melihat perbedaan besar pada kulit kamu jika dilakukan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dari buah tomat, antara lain adalah :

1. Mengecilkan pori-pori dengan tomat
Campurkan satu sendok makan jus tomat segar dengan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Oleskan campuran tersebut dengan bola kapas dan pijatan lembut ke kulit dengan gerakan melingkar. Biarkan kulit sekitar 15 menit lalu bilas dengan air suam-suam kuku.

2. Menyembuhkan jerawat dengan pulp tomat
Hancurkan tomat segar dan oleskan pulp bebas pada wajah kamu. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari selama beberapa hari dan jerawat kamu akan hilang.

3. Bersihkan kulit dengan masker tomat-dan-alpukat
Masker tomat dan alpukat sangat bagus untuk kulit kombinasi (berminyak, normal dan kering). Manfaat tomat untuk mengurangi minyak diwajah dan alpukat dengan sifat antiseptiknya dan pelembab. Masker ini kaya vitamin A, C dan E. Untuk membuat masker, mash tomat dan alpukat dalam mangkuk bersama-sama. Aduk rata dan halus pada wajah Anda. Bilas setelah 20 sampai 30 menit dengan air hangat.

4. Masker tomat dan yoghurt
Jika kulit mudah iritasi, gatal, terbakar, merah, jerawat, atau bersisik, kamu bisa menikmati manfaat dari masker yoghurt dan tomat. Yogurt kaya akan protein dan tomat memberi rasa dingin serta menetralkan permukaan kulit. Ambil satu buahh tomat dan tambahkan dua sendok makan biasa yoghurt tanpa pemanis. Aduk rata dan oleskan pada wajah kamu. Diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

5. Dapatkan kulit bersinar dengan jus tomat dan madu
Campur madu dan jus tomat dan oleskan pada wajah dan leher kamu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Kulit Anda akan halus dan bersinar.

Itu tadi beberapa manfaat sekaligus cara menggunakan buah tomat untuk kesehatan dan kesegaran kulit wajah kita.