Jumat, 02 Maret 2012

Hah..!! Logo ITS Di Bajak Perusahaan Rusia

Logo suatu organisasi terlebih sebuah universitas ternama harusnya menjadi sesuatu yang eksklusif. Namun entah apa yang terjadi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, logo mereka ternyata sangat mirip dengan yang dimiliki sebuah perusahaan Rusia.

Entah siapa membajak siapa? Yang pasti logo keduanya sangat mirip, bahkan bisa dibilang kembar dengan perbedaan cuma berada dalam urusan warna. Jika logo ITS menggunakan warna biru agak kemudaan, 'kembarannya' memilih biru dongker.


Sementara jika ditilik dari desain dan atribut yang digunakan sama persis! Termasuk untuk urusan cara menuliskan nama perusahaannya yang juga disingkat dengan nama 'ITS'. Tak percaya? Lihat saja dalam gambar.

Adalah perusahaan Rusia bernama Inkom TehSnab yang memiliki logo kembar dengan ITS tersebut. Sulit untuk menerjemahkan secara gamblang bergerak di bidang apa perusahaan ini, sebab situs resmi perusahaan diisi dengan huruf-huruf Rusia.

Dilihat dari situsnya, Inkom TehSnab sepertinya bermain sebagai pemasok berbagai peralatan industri. Mulai dari alat hidrolik, katup hidrolik, splitter, oil control, pompa dan lainnya. Mereka juga telah mengantongi sertifikasi ISO 9001 dan 14001.

Keberadaan logo kembar ini pun kini tengah hangat dibicarakan di ranah blog dan forum online Tanah Air. Mereka pun saling bertanya-tanya, siapa menjiplak siapa?