Sabtu, 17 Maret 2012

POHON MAJAPAHIT ADA DI MAGETAN

"Adakah teknologi canggih yang dapat melacak asal-usul pohon Majapahit ini ?"

Masih Inget Sumpah Palapa Patih Majapahit Yang Di Ajarkan Di Sekolah ?


Di beberapa lokasi di wilayah Magetan ternyata masih ada pohon Maja atau penulis sebut pohon Majapahit. Pohon Majapahit ini tumbuh dengan subur di depan rumah Jalan Samudra nomor 1 Magetan. Menurut keterangan R. Basuki, yang juga karyawan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan,
pohon Maja ini dia tanam sejak tahun 1983 dengan cara stek dari pohon induk yang ada di kawasan puncak Gunung Lawu. Sesuai dengan namanya pohon Maja ini pahit rasanya.

Dia dapat berbuah sepanjang tahun. Kulit luarnya keras seperti batok kelapa. Pohon Maja dimana dia tumbuh sekarang berada di areal yang cukup luas dengan pendopo dan rumah berarsitektur kuno. Bupati Magetan ke-11 RMAA Adiwinoto (masa jabatan 1887-1912) dulu bertempat tinggal disini.

Hal menarik tentang pohon Maja yang ditanam di halaman rumah Jalan Samudra nomor 1 Magetan adalah berasal dari kawasan puncak Gunung Lawu. Kawasan puncak Gunung Lawu konon masih ada bekas-bekas peninggalan Kerajaan Majapahit sebelum keruntuhannya. 


Mungkinkah pohon Maja ini masih keturunan pohon induk yang berasal dari masa Majapahit ? Adakah teknologi canggih yang dapat melacak asal-usul pohon Majapahit ini ? Dengan test DNA manusia dapat dilacak asal-usulnya. Untuk pohon, adakah 'kode' didalamnya untuk menelusuri asal-usulnya ? Untuk melestarikan pohon Maja ini alangkah baiknya tanaman ini diperbanyak. Pohon Majapahit ini tentu sudah semakin langka. Sayang sekali bila 'pohon berharga' ini punah dan tinggal ceritanya saja.


Sumber