Senin, 09 April 2012

Cara Tetapkan Tujuan Jangka Pendek & Panjang dalam Karir

Setiap orang tentunya ingin mempunyai karir yang sukses. Untuk mencapainya, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Salah satunya menetapkan tujuan dalam perencanaan karir, karena tujuan karir itu sendiri adalah sesuatu yang ingin dicapai seseorang di masa depan sebagai tolok ukur keberhasilan karirnya. Seperti dikutip oleh About, terdapat beberapa cara menetapkan tujuan dalam perencanaan karir. Simak caranya berikut ini.


Tetapkan Tujuan Jangka Panjang
Jika Anda merupakan tipe orang yang 'go with the flow' atau menjalani sesuatu apa yang ada saat ini, harus segera diubah. Anda perlu memiliki strategi atau perencanaan dalam mengembangkan karir. Salah satunya dengan menetapkan tujuan jangka panjang. Hal tersebut untuk membantu Anda mempunyai gambaran akan jadi apa nantinya atau berkarir di mana dan sebagai apa dalam waktu tiga sampai lima tahun ke depan.

Tetapkan Tujuan Jangka Pendek
Anda juga perlu tetapkan tujuan untuk jangka pendek. Tujuan ini yang harus dapat dicapai dalam kurun waktu satu hingga tiga tahun kedepan. Tujuan jangka pendek merupakan dasar-dasar contoh tujuan karir yang Anda ikuti untuk membantu Anda dalam cara yang kecil.



Agar kedua tujuan tersebut dapat tercapai, ada enam kriteria yang perlu diterapkan dalam tujuan Anda:

- Dibayangkan
Anda harus bisa membuat tujuan karir tersebut ke dalam kata-kata.

- Tercapai
Anda perlu memiliki energi dan waktu untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

- Percaya
Percayalah bahwa Anda dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan tersebut.

- Meraihnya dalam Waktu Tertentu
Anda harus mampu menyatakan berapa lama bisa meraih tujuan yang ingin dicapai.

- Ditetapkan Secara Jelas
Ketahui persis apa tujuan Anda sebenarnya.

- Fleksibel
Harus bersedia mengubah tujuan Anda sesuai kebutuhan.

Setelah mendefinisikan dengan baik tujuan jangka panjang dan jangka pendek, Anda dapat terus mengembangkan rencana karir. Rencana karir akan menampilkan semua tujuan Anda dan langkah-langkah yang harus diambil untuk menjangkaunya. Jika tujuan sudah memenuhi kriteria yang tercantum, maka akan lebih mudah untuk berhasil mencapainya.


Sumber