Kamis, 30 Agustus 2012

Melatih Kharisma Secara Singkat


Sebagian orang menganggap bahwa kharisma sudah dimiliki seseorang sejak ia dilahirkan. Ini dianggap sebagai anugerah.

Tapi para ahli saat ini mengatakan, bahwa kharisma adalah bisa dilatih dan dimiliki siapa saja. Efeknya pun bisa mengubah kehidupan orang itu sendiri. Seperti dilansir dari daily mail.

Dalam buku baru Mitos Karisma, ilmuwan Olivia Fox Cabane mengklaim bahkan mereka yang paling pemalu dan tidak menonjol pun bisa memiliki kharisma atau daya tarik berkat mempelajari teknik psikologi perilaku, ilmu saraf dan meditasi.


'Anda tidak harus memilikinya secara alami - akan atau mengubah kepribadian Anda untuk segera menjadi karismatik," kata Olivia. Dan dia mengatakan orang bisa mengambil trik ini dengan mudah.

Cara Anda berdiri atau duduk dapat memiliki efek kuat pada pikiran dan perasaan Anda. Misalnya bila Anda merosotkan bahu, menundukkan kepala dan membiarkan wajah Anda tampak lunglai atau masam, Olivia mengatakan, hampir tidak mungkin untuk merasa benar-benar bersemangat.
Dia mengklaim bahasa tubuh yang penuh percaya diri juka akan membuat Anda merasa lebih percaya diri dan kuat. Studi menunjukkan orang yang lebih banyak melibatkan bagian tubuh mereka akan menimbulkan perubahan kimia dan memberikan pengalaman dalam tubuh mereka.
Seperti ketegasan dan energi bisa mempromosikan kenaikan hormon dan kecemasan sebaliknya menurunkan hormon.


Fisik
Dasar-dasar melatih kharisma pun bisa dimulai dengan fisik Anda sendiri, yaitu, kenakan pakaian yang longgar sehingga Anda dapat bernapas dengan mudah, berdiri dan berpijaklah yang kuat di tempat Anda berdiri, rentangkan lengan Anda ke langit-langit, lalu di kedua sisi Anda, dan tempatkan mereka di belakang punggung Anda, lepaskanlah dan ambil ruang sebanyak mungkin, tarik napas dalam dan tersenyumlah yang lebar, tarik bahu dan punggung.

Jadilah pendengar yang baik
Kunci untuk interaksi yangkarismatik adalah menjaga perhatian orang lain dan membuat mereka merasa nyaman dengan dirinya.Keterampilan mendengarkan yang besar merupakan syarat mutlak untuk karisma.
Ketika Anda bertemu seseorang, mulailah dengan pujian tentang sesuatu yang mereka kenakan, lalu bertanya ada alasan atau mengapa memakai itu?

Ini akan menimbulkan emosi mereka, bahkan mereka diperhatikan dan ini bisa menciptakan hubungan baik antara Anda.Ajukan sejumlah pertanyaan lainnya, pilihlah bahasa yang sopan dan membesarkan hatinya. Dan yang paling penting, dengarkan dengan seksama apa yang dia katakan.
Jangan memotong pembicaraan, memberi kesempatan orang lain menjelaskan tanpa kita memotong akan membuat mereka menarik dan bahkan mengesankan.



Pelajari karisma telepon
Jangan langsung menjawab telepon dengan cara yang hangat atau ramah. Jawablah dengan singkat, kemudian, ketika Anda mendengar siapa yang menelepon, biarkan kehangatan atau antusiasme dengan sendirinya tercurah dalam suara Anda untuk membuat orang merasa istimewa.

Dengarkan dan perhatikan apa yang dibicarakannya di ujung telepon, dan beri tanggapan ketika mereka sudah selesai dengan kalimatnya. Tanggapan jangan terburu-buru atau memotong sebelum mereka selesai atau sebaliknya, terlambat.
Karena setiap keterlambatan dalam tanggapan membuat Anda terdengar seperti orang yang pikirannya tengah mengembara. Jika diperlukan, coba tutup mata Anda untuk mencegah gangguan dan memfokuskan perhatian.
Latihan fisiknya, Anda perlu untuk berdiri dan berjalan-jalan-, ini akan membuat suara Anda terdengar lebih energik. Dan jangan lupa tersenyumlah, studi menunjukkan orang di ujung telepon pun bisa merasakan Anda tersenyum hanya lewat suaranya.


Kekuatan jabat tangan yang baik
Sebuah jabat tangan yang baik akan melakukan lebih banyak dan tidak perlu butuh biaya besar untuk memberikan kesan baik Anda di mata orang lain.
Sebaliknya jabat tangan yang buruk juga bisa meninggalkan kesan pertama yang kurang baik.

Berlatihlah dengan dengan teman dan keluarga sampai Anda bisa melakukannya dengan benar: bangkit dari kursi, ambil tangan dari saku, jaga kontak mata dan senyum singkat (ini membuat Anda lebih bersemangat).

Ulurkan tangan Anda, buka lebar ruang antara ibu jari dan jari telunjuk untuk mendapatkan 'optimal thumb’, jagalah kontak mata dengan orang yang Anda salam.



Jadilah nyaman dalam ketidaknyamanan

Kemampuan untuk menangani ketidaknyamanan sosial adalah keterampilan yang berharga karena membantu melindungi Anda terhadap hal-hal yang mungkin merusak potensi karisma Anda. Praktikkan latihan ini untuk memperkuat ketahanan Anda dan memperluas zona kenyamanan Anda:Tahan kontak mata selama itu masih nyaman. Praktiknya, ketika hendak masuk lift, tahan pintu untuk membiarkan orang lain masuk, masuklah terakhir, dan berdiri dengan punggung ke pintu, menghadap semua orang.

Ciptakan kharisma secara instan
Turunkan intonasi suara Anda pada akhir kalimat, kurangi seberapa cepat dan seberapa sering Anda mengangguk, berilah jeda selama dua detik sebelum Anda berbicara.

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1888445/kharisma-bisa-dilatih-singkat